Kamis, 08 Desember 2016

Riwayat Hidup Paulo Freire

 1.      Pedagogi Kritis
Pedagogi kritis diperkenalkan oleh Paulo Freire (1921-1997), seorang pendidik dari Brasil yang sangat terkenal. 

Selain Freire, ada pula tokoh lain yang merupakan murid sekaligus sahabat Freire, yaitu Henry Giroux. Berikut ini adalah pokok-pokok pemikiran pendidikan dari kedua tokoh tersebut.
a.      Paulo Freire
1)      Riwayat Hidup Paulo Freire
Pedagogi kritis diperkenalkan oleh Paulo Freire (1921-1997), seorang pendidik dari Brasil yang sangat terkenal. Freire memiliki gelar doktor ilmu sejarah dan filosofi pendidikan. Awalnya, Freire mengambil studi ilmu hukum dan setelah lulus berpraktik sebagai pengacara, tetapi tidak lama. Dalam waktu singkat Freire berubah profesi sebagai seorang pendidik untuk masyarakat bawah yang disebutnya kaum tertindas (O‟neil, 2002: 655).
Martin Carnoy (via Freire, 2001:7) mengatakan Paulo Freire adalah pendidik yang paling penting dalam paruh kedua abad kedua puluh. Ia juga seorang aktivis politik; seorang progresif yang bersemangat dan penuh kepercayaan bahwa belajar tidak dapat dipisahkan dari kesadaran politik dan kesadaran politik tidak dapat dipisahkan dari tindakan politik. Ia menampilkan diri sebagai seorang demokrat yang tidak kenal kompromi dan seorang pembaru radikal yang gigih. Paulo Freire hidup dalam masa pemerintahan militer, pembuangan, dan bahkan pernah memegang kekuasaan politik sebagai Menteri Pendidikan Sao Paulo. Dalam jabatan itu, Freire membuat kebijakan untuk pendidikan beratus-ratus ribu siswa. Semua pengalamannya ini justru semakin memperbesar komitmennya kepada orang-orang yang tersingkir, yang takberdaya, yang terpinggirkan, yang lapar, dan yang buta huruf.
Di tahun enam puluhan Freire terlibat aktif dalam gerakan pemberantasan buta huruf yang masih meliputi jutaan rakyat di negerinya. Lantaran ia juga memberikan pendidikan agar rakyat miskin Brasil jadi “melek politik”, ia memperoleh banyak tentangan dari orang-orang yang menudingnya “menghimpun kekuatan politik”. Perebutan kekuasaan secara militer terjadi di Brasil pada tahun 1964; Freire terusir dan menetap di Chile, hingga tahun 1979 dan ia belum juga memperoleh izin untuk kembali ke Brasil. Tahun 1970 Freire diserahi jabatan sebagai penasehat di Kantor Urusan PendidikanDewan Gereja Sedunia di jenewa, Swiss. Teori-teori pendidikan Freire kerap dikaitkan dengan gerakan teologi pembebasan yang marak di wilayah Amerika Latin Karyakaryanya antara lain adalah berikut ini.
- Education: The Practice of Freedom (Pendidikan sebagai Praktik Pembebasan, 1976)
- Education for Critical Consciousness (Pendidikan bagi Kesadaran Kritis, 1973)
 - Pedadogy of the Oppressed (Pendidikan Kaum Tertindas, 1970)
 - Cultural Action for Freedom (Aksi Kebudayaan demi Kebebasan, 1970) (O‟neil, 2002: 656).


*****************************************
Sumber:

Rukiyati dan Andriani Purwastuti,  L. 2015. Mengenal Filsafat Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta : Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar