Selasa, 06 Desember 2016

Definisi Seni

Seni menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah ahli membuat karya yang bermutu, dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dan lain sebagainya.

a.     Aristoteles: seni adalah peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal.
b.    Plato dan Rousseau: seni adalah hasil peniruan alam dengan segala seginya.
c.    Ki Hajar Dewantara: seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah sehingga menggerakan jiwa perasaan manusia.
d.    Ahdian Karta Miharja: seni adalah kegiatan rohani yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohaninya penerimanya.
e.    Prof. Drs. Suwaji Bastomi: seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru.
f.     Enslikopedia Indonesia: seni adalah penciptaan segala hal atau benda yang karena keindahannya orang senang melihatnya atau mendengarnya.
Sesuatu dikatakan indah jika mengandung 3 faktor utama yaitu (1) faktor kesempurnaan, (2) faktor keharmonisan, dan (3) sinar kecemerlangan. Keharmonisan merupakan adanya unsur keserasian, keselarasan, dan kesesuaian komposisi antar organ/komponen yang satu dengan yang lain dengan berdasarkan kriteria subjektif yang melekat padanya.

Ilmu, teknologi, dan seni sebagai produk menjadi milik manusia. Artinya, ilmu, teknologi, dan seni didapat melalui pola pikir analogi ilmiah menggunakan metode keilmuan yang runtut membawa ke arah titik temu pada suatu konklusi yang bersifat nisbi.
  

________++++++++++++++++____________++++++++++++__________
Sumber:
Rukiyati dan Andriani Purwastuti,  L. 2015. Mengenal Filsafat Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta : Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar