Sabtu, 26 November 2016

Pendidikan Menurut Filsafat Mulla Shadra

Mulla Sadra adalah seorang ahli filsafat Persia yang ternama. Ia mensintesiskan filsafat, tasawuf, kalam, dan sains syar’iy. Ia pendiri mazhab Muta’alihin (Transcendent Theosophy). Karyanya yang terkenal adalah al-Asfar al-‘Arba’ah (Empat Perjalanan). 

Tujuan pendidikan adalah penyempurnaan jiwa (istikmal al-nafs) untuk mendapatkan pengetahuan tentang Tuhan (ma’rifatullah). Pengetahuan tentang Tuhan tidak mungkin dicapai kecuali dengan iman. Penguatan iman tidak akan tercapai kecuali dengan pendidikan moral.

Melaui proses pendidikan manusia memperoleh kesempurnaan nafs (jiwa)-nya. Mulla Sadra memperkenalkan teori bahwa semua dzat yang ada di muka bumi ini mengalami perubahan. Teorinya disebut harakat al-wujud (gradation of being). Teori itu menyatakan bahwa manusia mengalami perubahan wujud dari kondisi mineral menjadi tumbuhan, dari tumbuhan menjadi binatang, dari binatang menjadi manusia biasa, dari manusia biasa menuju tahap malaikat, dari tahap malaikat menuju tahap Tuhan. Pencapaian tahap sampai ke tahap tertinggi dicapai melalui proses pendidikan.

!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Sumber:

Yoyo Hambali, MA. 2011. Filsafat Pendidikan - Studi Perbandingan antara Filsafat Barat dan Filsafat Islam. BEKASI : UNIVERSITAS ISLAM “45”. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar