Sabtu, 26 November 2016

Ontologi dalam struktur ilmu, posisi, dan peran penting ontologi

Sebagaimana yang telah dipaparkan pada sub-bab pertama mengenai definisi dari ontologi dalam filsafat bahwa ontologi merupakan studi atau pengkajian mengenai sifat dasar ilmu yang menentukan arti, struktur, dan prinsip ilmu. 

Ontologi menempati posisi yang penting karena ontologi menempati posisi landasan yang terdasar dari segitiga ilmu dan teletak “undang-undang dasarnya” dunia ilmu.
Pembahasan para ahli sebelumnya mengatakan bahwa fenomena ilmu bagaikan fenomena gunung es di tengah lautan, sedangkan yang nampak oleh pancaindra kita hanyalah sebuah kerucut biasa yang tidak begitu besar. Namun jika kita selami ke dalamnya, akan nampak fenomena lain yang luar biasa di mana ternyata kerucut yang terlihat biasa tersebut merupakan puncak dari sebuah gunung yang dasarnya jauh berada di dalam lautan sehingga ilmu yang terlihat hanyalah permukaan (terapan) dari sebuah dunia yang begitu luas, yaitu dunia paradigma atau dunia landasan ilmu.


Ontologi sebagai landasan terdasar dari ilmu adalah dunia yang jarang dikaji. Hal ini disebabkan keberadaannya yang nyaris tak terlintas di benak sebagian besar para pengguna ilmu. Pada lapisan ontologilah diletakkannya “undangundang dasar” dunia ilmu.


>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>><<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<
Sumber:

Suaedi. 2016. Pengantar Filsafat Ilmu. Bogor: PT Penerbit IPB Press

Tidak ada komentar:

Posting Komentar