Sabtu, 26 November 2016

Monoisme

Paham ini merupakan paham yang menganggap bahwa hakikat yang asal dari seluruh kenyataan itu hanyalah satu saja, tidak mungkin dua. Haruslah satu hakikatnya saja sebagai sumber yang asal, baik yang asal berupa materi maupun berupa rohani.

Tidak mungkin ada hakikat masing-masing bebas dan berdiri sendiri. Haruslah salah satunya merupakan sumber yang pokok dan dominan menentukan perkembangan yang lainnya. Istilah monoisme oleh Thomas Davidson disebut dengan Block Universe. Paham ini kemudian terbagi ke dalam dua aliran (Edwards 1972).
1)      Materialisme Aliran ini menganggap bahwa sumber yang asal itu adalah materi, bukan rohani. Aliran ini sering juga disebut dengan naturalisme. Menurutnya, zat mati merupakan kenyataan dan satu-satunya fakta (Sunarto 1983). Materialisme sering juga disebut naturalisme, tetapi terdapat sedikit perbedaan di antara dua paham. Namun, materialisme dapat dianggap suatu penampakan diri dari naturalisme. Naturalisme berpendapat bahwa alam saja yang ada, yang lainnya di luar alam tidak ada (Louis 1996).

2)      Idealisme Sebagai lawan materialisme adalah aliran idealisme yang dinamakan dengan spiritualisme. Idealisme berarti serba cita, sedangkan spiritualisme berarti serba roh. Idealisme berasal dari kata “Idea” yaitu sesuatu yang hadir dalam jiwa. Aliran ini beranggapan bahwa hakikat kenyataan yang beraneka ragam itu berasal dari roh (sukma), yaitu sesuatu yang tidak berbentuk dan menempati ruang. Materi dan zat itu hanyalah suatu jenis daripada penjelmaan rohani. Alasan aliran ini yang menyatakan bahwa hakikat benda adalah rohani, spirit, atau sejenisnya adalah nilai roh lebih tinggi daripada badan, lebih tinggi nilainya dari materi bagi kehidupan manusia. Roh itu dianggap sebagai hakikat yang sebenarnya sehingga materi hanya badannya, bayangan, atau penjelmaan saja. Manusia lebih dapat memahami dirinya daripada dunia luar dirinya. Materi ialah kumpulan energi yang menempati ruang. Benda tidak ada, yang ada energi itu saja (Bakhtiar 2010).

&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&
Sumber:

Suaedi. 2016. Pengantar Filsafat Ilmu. Bogor: PT Penerbit IPB Press

Tidak ada komentar:

Posting Komentar