Jumat, 25 November 2016

Metafisika Umum dan Metafisika Khusus

Metafisika umum (ontologi) berbicara tentang segala sesuatu sekaligus. Perkataan ontologi berasal dari bahasa Yunani yang berarti “yang ada” dan, sekali lagi, logos. Maka objek material dari bagi filsafat umum itu terdiri dari segala-gala yang ada. Pertanyaan-pertanyaan dari ontologi misalnya:
·      Apakah kenyataan merupakan kesatuan atau tidak?
·   Apakah alam raya merupakan peredaran abadi dimana semua gejala selalu kembali, seperti dalam siklus musim-musim, atau justru suatu proses perkembangan?
Ontologi membicarakan azas-azas rasional dari yang-ada, sedangkan kosmologi membicarakan azasazas dari yang-ada yang teratur. Ontologi berusaha untuk mengetahui esensi yant terdalam dari yang-ada, sedangkan kosmologi berusaha untuk mengetahui ketertibannya serta susunannya. Materialisme adalah ajaran ontologi yang mengatakan bahwa yang ada terdalam bersifat materi.

Sedangkan metafisika khusus (kosmologi) adalah ilmu pengetahuan tentang struktur alam semesta yang membicarakan tentang ruang, waktu, dan gerakan. Kosmologi berasal dari kata “kosmos” = dunia atau ketertiban, lawan dari “chaos” atau kacau balau atau tidak tertib; dan “logos” =ilmu atau percakapan. Kosmologi berarti ilmu tentang dunia dan ketertiban yang paling fundamental dari seluruh realitas. 
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>..
Sumber:
Filsafat Ilmu oleh Wisma Pandia, S.Th., Th.M. Diktat Kuliah Sekolah Tinggi Theologi Injili Philadelphia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar