Jumat, 25 November 2016

Ilmu Sebagai Aktivitas

Zaman Yunani ilmu merupakan aktivitas kegiatan, suatu kegiatan melakukan sesuatu yang dilaksanakan orang atau lebih tepat suatu rangkaian aktivitas yang membentuk suatu proses.


Seseorang yang melaksanakan rangkaian aktivitas itu = Ilmuwan. Ilmuwan : - Seseorang yang mempunyai latihan, kemampuan dan hasrat untuk mencari pengethuan baru, asasasas baru dan bahan-bahan baru dalam sesuatu bidang ilmu. Mereka yang ikut serta dalam ilmu dalam cara-cara langsung dan kreatif.
Sifat rasional = aktivitas manusia—Aktivitas rasional = kegiatan yang mempergunakan kemampuan pikiran untuk menalar yang berbeda dengan aktivitas berdasarkan perasaan atau naluri. Ilmu menampakkan diri ebagai kegiatan penalaran logis dari pengamatan empiris. Pemikiran rasional = pemikiran yang mematuhi kaidah-kaidah logika, baik logika tradisional maupun modern.
Sifat kognitif = bertalian dengan hal mengetahui dan pengetahuan. Proses kognitif: suatu rangkaian aktivitas seperti pengenalan, penerapan, pengkonsepsian dan penalaran yang dengannya manusia dapat mengetahui dan memperoleh pengetahuan tentang suatu hal.
Bercorak Teleologis: mengarah pada tujuan tertentu karena para ilmuwan dalam melakukan aktivitas ilmiah mempunyai tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Ilmu melayani sesuatu tujuan tertentu yang diinginkan setiap ilmuwan.
Tujuan-tujuan yang ingin dicapai ini meliputi:
- Pengetahuan
- Kebenaran
- Pemahaman
- Penjelasan
- Peramalan
- Pengendalian
- Penerapan

Ilmu Sebagai Aktivitas:
- Rasional – proses pemikiran yang berpegang pada kaidah-kaidah logika.
- Kognitif – proses mengetahui dan memperoleh pengetahuan.
- Teleologis: - mencapai kebenaran
- Memperoleh pemahaman
- Memberikan penjelasan

- Melakukan penerapan dengan melalui peramalan atau pengendalian
////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////
Sumber:

Filsafat Ilmu oleh Wisma Pandia, S.Th., Th.M. Diktat Kuliah Sekolah Tinggi Theologi Injili Philadelphia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar