Jumat, 25 November 2016

Faedah atau pelajaran yang bermanfaat bagi dunia pendidikan - Filsafat Pendidikan Ibnu Sina


Beberapa faedah atau pelajaran yang bermanfaat bagi dunia pendidikan dari apa yang diuraikan Ibnu  Sina dalam risalah-risalah di atas adalah sebagai berikut:

a.    Pendidikan dalam upaya mencapai pengetahuan dilakukan melalui berbagai urutan atau tangga dari tangga terendah sampai tangga tertinggi, dari yang semula manusia tidak mengetahui apa-apa sampai tingkat pengetahuan tertinggi yang disebut ma’rifat (‘irfan, gnosis) yang di tempuh oleh akal, di mulai dari objek-objek inderawi yang khusus sampai kepada pikiran-pikiran universal.
b.    Untuk mengetahui kebenaran manusia bisa belajar melalui alam semesta atau tanda-tanda kekuasaan-Nya. Metode belajar dengan mengunakan alam sebagai media merupakan yang efektif agar para siswa atau murid bisa mengenal pelajaran secara verbal.
c.     Akal manusia kadang-kadang mengalami ketumpulan dan ketidakmampuan dalam mengemukakan dalil-dalil pikiran. Karena keterbatasan akal yang ada pada sebagian besar manusia, maka diperlukan petunjuk agama atau wahyu yang mengharuskan manusia beriman kepada 
d.    Hal-hal yang belum bisa dijangkau dengan akal tapi benar adanya menurut petunjuk wahyu.Bahwa pendidikan harus ditujukan untuk mendidik akal supaya dapat membedakan mana yang benar mana yang salah, dan mana yang baik mana yang buruk, mengetahui dasar-dasar keutamaan dengan mengamalkan akhlak yang baik, di samping menundukan keinginan-keinginan nafsu badani kepada hukum pikiran, tanpa mengabaikan hak badan atau meninggalkannya sama sekali.
e.    Apa yang diperintahkan oleh syariat Islam, dan apa yang di ketahui oleh akal sehat dan sendirinya, berupa kebenaran, kebaikan, dan keindahan dapat bertemu keduanya dalam satu titik, tanpa diperselisihkan lagi.

f.     Dan pokok dari hikmah ini ialah agar kita memberikan pelajaran kepada orang lain menurut kesanggupan akalnya.

........................................................................................................................................
Sumber:

Yoyo Hambali, MA. 2011. Filsafat Pendidikan - Studi Perbandingan antara Filsafat Barat dan Filsafat Islam. BEKASI : UNIVERSITAS ISLAM “45”. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar