Rabu, 21 September 2016

Tugas Artikel

TAMPILAN KA CL PEMBAWA KENYAMAN
Oleh Robbiathul Adawiyah



Gambar : Kereta listrik CL di stasiun tigaraksa
Siapa yang tidak kenal dengan “Globalisasi” ? Hampir seluruh manusia di bumi terlibat dengan-nya. Entah itu hal besar seperti peperangan antarblok dunia ataupun hal kecil seperti menggunakan bahasa asing. Bagi yang belum paham, Globalisasi itu sendiri merupakan suatu proses perubahan hal-hal baru, khususnya yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media massa. Secara terbatas globalisasasi  terbentuk karena adanya kemajuan teknologi komunikasi dunia.
Dewasa ini, teknologi informasi dan komunikasi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentigan dapat tersebar luas ke seluruh dunia. Penyebab adanya globalisasi adalah ketidakpuasaan manusia yang telah mampu menciptakan berbagai jenis alat yang dapat mendukung kecepatan dan kelancaran berbagai kehidupan-nya di dunia.
Kehadiran globalisasi tentunya membawa dampak bagi kehidupan suatu Negara termasuk Indonesia. Dampak tersebut meliputi dua sisi yaitu, dampak positif dan dampak negatif. Dampak globalisasi di berbagai bidang kehidupan seperti kehidupan politik, ekonomi, ideologi, sosial budaya dan lain-lain yang akan mempengaruhi nilai-nilai nasionalisme terhadap bangsa.
Dampak globalisasi juga mempengaruhi tingkat kemudahan warga dalam berpergian kesuatu tempat yang jauh, sebagai contoh warga Perumahan Cikasungka, Adiyasa dan sekitarnya dapat menikmati sedikit dari luar biasanya kemajuan teknologi transportasi di dunia berupa adanya kereta listrik yang biasa mereka taiki di stasiun Tigaraksa. Kereta listrik atau PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) menamainya Kereta Listrik Commuter Line (CL) atau KRL Commuter Line ini adalah sebuah kereta dengan sumber energi yang menggerakkannya adalah listrik, melalui kabel-kabel dan rel beraliran tegangan tinggi dapat menggerakkan mesin dan membuat kereta bergerak. Kereta CL ini di impor dari Jepang dengan kualitas layak pakai, karena pemerintah Indonesia belum bisa membuatnya.
Adanya kereta CL ini, menyebabkan kereta api ekonomi tingkat minat warga untuk menggunakannya menjadi menurun. Karena kereta CL telah menggunakan teknologi transportasi modern dari Jepang dengan fasilitas yang sangat baik seperti, adanya AC dan di dalam gerbong juga terlihat lebih luas karena bangku penumpang lebih tersusun rapih dan nyaman untuk didudukki. Selain itu juga, disediakan gerbong khusus untuk penumpang perempuan dan anak kecil yang terletak di ujung rangkaian kereta. Untuk meningkatkan ketertiban dan kenyamanan penumpang kereta CL, Pemerintah mengeluarkan kebijakan di dalam peraturan pemerintah UU Nomor 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian “Dilarang berjualan di stasiun dan di atas kereta”. Peratuaran ini, menjadikan stasiun dan kereta CL tetap bersih, nyaman dan tertib. Meski, pemerintah harus mengorbankan ribuan pedagang kecil yang kehilangan pekerjaannya.
Dengan adanya kereta CL di daerah Perumahan Cikasungka, hal ini membuktikan dampak positif dari adanya globalisasi. Pemerintah mengambil kebijakan ini agar para karyawan yang kiranya bertempat tinggal jauh dari tempat kerjanya dapat dengan lebih cepat, mudah dan nyaman untuk berpergian. Dengan ini, bisa saja para karyawan yang berpergian dengan nyaman ketika sampai ditempat kerja merasa lebih bersemangat karena dari rumah mereka merasa nyaman diperjalanan., dan membawa efek positif. Begitu pula, saat jam pulang mereka akan nyaman dan membawa efek positif saat sampai rumah.
Dampak positif ini tentu disambut baik oleh semua masyarakat termasuk saya. Saya juga sebagai siswa dalam partisipasi, saya berusaha selalu menjaga fasilitas Negara dengan tidak mengotori bahkan merusak apa yang ada di dalam kereta maupun di stasiun. Saya juga berusaha selalu mengimbau dan memperingati seseorang jika terbukti tidak menjaga fasilitas Negara. Dan tahun lalu, saat peresmian KA CL yang dilaksanakan pada 15 juni 2014, SDS Dian Pertiwi di undang sebagai pengisi acara, dan disana ikut meramaikan.

Semakin tua umur dunia semakin maju pula tingkat teknologi yang dapat manusia buat dan juga globalisasi akan semakin mudah untuk mempengaruhi manusia yang ada di bumi. Tentu, dengan memanfaatkan efek positif dari globalisasi manusia dapat mempermudah pekerjaannya dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, dan juga dari kebijaksanaan manusia itu sendiri untuk melakukan hal yang memanfaatkan efek globalisasi dalam segala bidang kehidupannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar